Subscribe

FIND !

Rasa Malu Termasuk Sebagian Dari Iman

May 7, 2010
"sungguhnya aku melihat seseorang yang tidak mempunyai rasa malu dan jujur. maka ia bagai seorang yang telanjang di tengah suatu kaum."

Rasa malu adalah budi pekerti mulia yang menghiasi semua bentuk budi pekerti dengan cahaya keceriaan.
Jika budi pekerti mulia dimiliki oleh kaum lelaki, maka hal itu adalah fitrah dan tabiat kaum wanita. Karena itu, tidak masuk akal jika engkau mendapati wanita tidak mempunyai rasa malu, kalau memang ada, maka wanita itu adalah sangat menjijikan dan memalukan.

Untuk membina budi perkerti yang kokoh tidak akan terwujud sedikitpun kecuali atas dasar keimanan yang dapat bercabang di dalam jiwa, yang dapat mengisi hati sanubari dan yang memiliki perasaan.
Rasa malu adalah perhiasan dan syiar budi pekerti yang mulia, sehingga keduanya terkait erat yang tidak dapat dipisahkan anatara yang satu dengan yang lain, seseorang yang tidak mempunyai rasa malu, maka ia tidak beriman dan tidak berbudi pekerti yang baik.

Rasa malu termasuk sebagian dari iman, rahasianya adalah karena keduanya mengajak seseorang untuk berbuat baik dan meninggalakan yang buruk. iman mengajak seseorang untuk taat dean menjauhi maksiat. Rasa malu mengajak seseorang untuk mensyukuri segala nikmat dan mencegah seseorang dari menyakiti orang lain, sebagaimana ketika ia mencegah seseorang dari perbuatan dan tutur kata yang buruk, agar ia tidak terhina dan menyesal.

Lawan rasa malu adalah bengal, yaitu seseorang yang elalu bersikap kasar, keji dalam tutr kata dan perbuatannya.

Seorang muslimah tidak bersikap kasar dan keji dalam sikap dan tutur katanya, karena sifat itu adalah milik penduduk neraka, sedangkan seorang muslimah sebagai calon penghuni surga tidak mempunyai sikap kasar dan keji.





sumber : Potret Indah Wanita Penghuni Surga (DR. Akram Ridha)

1 komentar:

Post a Comment