Subscribe

FIND !

Hasil Penyebaran Angket . 100310

Mar 11, 2010
Dari angket-angket yang kami sebar sebanyak 30 tentang Pengaruh Kebersihan Terhadap Efektifitas Belajar di kampus Universitas Gunadarma, 21 diantaranya berpendapat bahwa lingkungan kampus Gunadarma sudah nyaman dan terjaga kebersihannya . Karena lingkungan yang bersih, akan berdampak besar pada efektifitas belajar mahasiswa . Dengan bersihnya tempat belajar, akan menambah kenyamanan, semangat serta kreatifitas para mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugasnya . Lain halnya jika para mahasiswa harus belajar ditempat yang kotor, merekan tidak akan nyaman dan tidak dapat untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas-tugasnya, dan bisa juga menjadikan para mahasiswa itu sendiri stress, karena tempat belajarnya kotor .

Tetapi banyak juga mahasiswa yang kurang memperhatikan lingkungannya, seiring berjalannya waktu, makin banyak pula mahasiswa yang kurang peduli terhadap lingkungannya . Hal tersebut bisa didasari oleh 2 faktor, yaitu : faktor interen dan eksteren . Interen yang berasal dari pengaruh lingkungan sekitar, dan eksteren yang berasal dari dirinya sendiri. Dari hasil angket yang kami dapatkan, jawaban dari mahasiswa adalah ; malas, gengsi, tidak sadar/kurang sadar dengan lingkungan sekitar.

Saran saya untuk mengantisipasi keadaan tersebut yaitu dengan cara mengadakan seminar-seminar peduli lingkungan di lingkungan kampus, sediakan tempat sampah diberbagai tempat, adakan penyuluhan-penyuluha agar mahasiswa sadar terhadap lingkungannya karena “kebersihan adalah sebagian dari iman”, maka dari itu kita harus menjaganya agar menjadi manusia yang beriman .

0 komentar:

Post a Comment